Selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke-113

Selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke-113

JAKARTA, (Perum PFN) – 20 Mei 1908, bertempat di School Tot Opleiding Van Inlands Artsen (STOVIA), Perhimpunan Budi Utomo didirikan. Para perintis antara lain, dr. Soetomo, Goenawan Mangoenkoesoemo, Soeradji Tirtonegoro, dan Gondo Soewarno.

Perhimpunan Budi Utomo adalah peletak dasar perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan ide studiefonds, yakni perlunya pendanaan bagi pelajar Indonesia berprestasi tetapi tidak mampu untuk sekolah.

Pendidikan dipandang sebagai kebutuhan dasar agar masyarakat paham tentang bangsa dan negaranya dan tidak mudah dijajah oleh penjajah. Di waktu itu, penjajah menggunakan politik pecah-belah, mengkotak-kotakan perjuangan rakyat Indonesia. Kemunculan Perkumpulan Budi Utomo menginspirasi terbentuknya berbagai organisasi lain untuk tujuan yang sama di Tanah Air.

Dr. Soetomo, dkk., adalah pelopor transformasi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengutamakan kreativitas pemikiran dan seni berdiplomasi. Mengadaptasi perkembangan zaman dengan tetap pada tujuan yang sama: kemerdekaan dan kesejahteraan Indonesia. Perhimpunan Budi Utomo menjadi pelopor konsolidasi kekuatan, konsolidasi sumber daya, konsolidasi asset perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan dr. Soetomo melalui Perhimpunan Budi Utomo masih sangat releven dan aktual saat ini. Konsolidasi adalah konsep yang terus dikembangkan oleh bangsa dan negara ini. Transformasi model bisnis Perusahaan Umum Produksi Film Negara (Perum PFN) adalah juga implementasi konsolidasi Perhimpunan Budi Utomo. Perum PFN menjadi fasilitator konsolidasi hak atas kekayaan intelektual bidang perfilman dan konten kreatif.

#SelamatHariKebangkitanNasional

#PerumProduksiFilmNegara

#PFN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *