PEMBUKAAN PAMERAN PFN 74GO!

PEMBUKAAN PAMERAN PFN 74GO!

Jakarta, 10 Oktober 2019 – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-74, Perum Produksi Film Negara (PFN) menggelar pameran bertajuk PFN 74GO!. Kata “GO!” berarti menandakan PFN untuk terus bergerak maju (way forward) menjadi perusahaan sehat. Sementara, “74GO!” yang dibaca dengan kata “JAGO!” diartikan bahwa PFN menghasilkan karya-karya bermutu dan bernilai pendidikan serta berpijak pada kebudyaaan nasional. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 9-15 Oktober 2019 bertempat di Exhibition Hall dan Sinergy Lounge Kementerian BUMN.

Serangkaian kegiatan digelar untuk memeriahkan HUT ke-74 PFN, di antaranya adalah Pameran Art Work Film PFN, Walk in Cinema, Workshop Content Every Think (CET), PFN Video, BUMN Film Investment Fund (BFIF), dan Pameran Boneka Si Unyil. Dalam pameran Art Work Film PFN yang digelar di Exhibition Hall Kementerian BUMN, ditampilkan art work film-film yang akan diproduksi oleh PFN. Sementara itu, di area yang sama dipamerkan pula boneka Si Unyil dan teman-temannya yang cukup menarik perhatian pengunjung pameran untuk bernostalgia dengan tokoh boneka anak asli Indonesia tersebut.  Selain itu, juga ditayangkan PFN Video yang menampilkan portofolio PFN.  

Pada bagian Walk in Cinema yang berlangsung di area Sinergy Lounge Kementerian BUMN, ditayangkan film-film PFN yang tersimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) seperti Seri Gelora Indonesia dan Seri Cerita Si Huma serta film produksi PFN terbaru yaitu Kuambil Lagi Hatiku dan Animasi Petualangan Si Unyil. Di lokasi tersebut juga diselenggarakan Workshop Content Every Think yang mengusung beragam tema seperti “How to Win Audience Through Social Media Contents and Strategy”, “The Emergence of Youtube Universe”, dan “How Film Can Create A Significant Impact For A Brand” yang menghadirkan narasumber ahli di bidangnya seperti Rhea Danaparamita, Digital Lead-Samsung Electronic Indonesia; Sarahero, Youtuber dan Kreator Konten; serta Robert Ronny, Direktur Paragon Pictures. Workshop tersebut dibuka untuk umum dan gratis. Dalam pameran PFN 74GO! juga diselenggarakan BFIF yang dihadiri oleh para direksi BUMN untuk berdiskusi bersama tentang industri kreatif dan perfilman di Indonesia.

Pameran PFN 74GO! dibuka secara resmi oleh Edwin Hidayat Abdullah selaku Deputi Energi Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN pada Kamis (10/10/2019) bertempat di Exhibition Hall Kementerian BUMN. Pembukaan Pameran PFN 74GO! dihadiri oleh Jajaran Dewan Pengawas dan  Direksi PFN serta para tamu undangan yang merupakan Direksi BUMN di bawah Kedeputian ELKP Kementerian BUMN, ANRI, serta pejabat di lingkungan Kementerian BUMN.

Pembukaan Pameran PFN 74GO! berlangsung pukul 09.00-10.30 WIB. Lantunan lagu Indonesia Raya Tiga Stanza yang dinyanyikan oleh para hadirin mengawali pembukaan Pameran 74GO!. Setelahnya, Direktur Utama PFN, Judith J. Dipodiputro memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Melalui semangat dan slogan PFN “Bersama mencerahkan, mendidik, dan menghibur Indonesia”, Judith J. Dipodiputro mengajak para BUMN untuk bersinergi dalam membangun Indonesia melalui industri perfilman bersama PFN.

Sambutan juga diberikan oleh Edwin Hidayat Abdullah selaku Deputi ELKP Kementerian BUMN. Edwin menyatakan harapannya untuk PFN. “Semoga PFN bisa menjadi perusahaan terdepan di industri kreatif Indonesia dan bisa go international dalam dua tahun”, terang Edwin. Deputi ELKP Kementerian BUMN secara simbolis membuka Pameran PFN 74GO! dengan mengetuk papan clapper film sembari mengucapkan kata “Action!”dan diteruskan dengan pemotongan tumpeng HUT ke-74 PFN.

Rangkaian acara pembukaan Pameran PFN 74GO! dilanjutkan dengan mengajak para tamu undangan untuk berkeliling di area pameran menyaksikan maket PFN Creative Hub – The Future of PFN dan Art Work Film PFN yang akan diproduksi oleh PFN, serta dilanjutkan dengan focus group discussion (FGD) BFIF yang digelar di Ruang Rapat Lantai 6 Kementerian BUMN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *