Dirut PFN Jadi Pembicara Diskusi ‘Restorasi Pengetahuan Sinema’

Dirut PFN Jadi Pembicara Diskusi ‘Restorasi Pengetahuan Sinema’

Jakarta, 25 Agustus 2019 –Direktur Utama Perusahaan Umum Produksi Film Negara (PFN), Judith J. Dipodiputro menjadi salah satu pembicara dalam Diskusi ‘Restorasi Pengetahuan Sinema’ yang merupakan rangkaian kegiatan dari Pameran Kultursinema: Gelora Indonesia.

Perwakilan dari lembaga-lembaga yang memiliki fungsi krusial di dalam mengawetkan objek sejarah, seperti Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbang Film Kemendikbud), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan PT Render Digital Indonesia juga turut hadir menjadi pembicara dalam diskusi tersebut.

Dalam diskusi yang berlangsung di Audiotorium B Museum Nasional tersebut dipaparkan usaha lanjutan dari membangun tradisi pendigitalisasian dan restorasi film-fim bersejarah. Agar semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkannya dalam memproduksi pengetahuan, dibutuhkan strategi yang harus dibangun bersama antar lembaga terkait. 

”PFN tentunya tidak bisa sendiri, dibutuhkan dukungan hubungan antar lembaga yang sehat. Selain itu, masing-masing dari kita membutuhkan perbaikan alur aliran material, mendesain ulang zona industri, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM), menerapkan insentif investasi teknologi, pembentukan ekosistem investasi, menarik investasi asing, serta harmonisasi aturan dan kebijakan,” papar Judith J. Dipodiputro dalam diskusi tersebut.

Diharapkan di masa depan pengetahuan dan wacana yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk mendorong objek-objek sejarah tersebut tidak hanya memiliki nilai sejarah, namun juga memiliki fungsi ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *