Memahami Pentingnya Content Marketing dan Digital PR di Era Internet

Memahami Pentingnya Content Marketing dan Digital PR di Era Internet

Jakarta, 10 Mei 2019 – Pesatnya pertumbuhan internet di seluruh dunia menyebabkan perubahan yang signifikan pada dunia marketing dan public relation. Salah satu yang paling menonjol adalah pesatnya pertumbuhan content marketing dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Apalagi lebih dari 60 persen perusahaan di seluruh dunia sudah memanfaatkan content marketing untuk mengkomunikasikan brand mereka ke market. Bahkan perusahaan-perusahaan tersebut sudah menaruh perhatian lebih terhadap keberadaan content marketing sehingga berencana untuk menggejot hal ini pada tahun-tahun mendatang.

Setali tiga uang dengan hal tersebut, dunia public relation juga sedang berada dalam tahap transisi akibat pertumbuhan internet yakni dari era public relation (PR) tradisional menuju era digital. Sehingga nama digital PR sudah begitu familiar di dunia public relation. Digital PR diartikan sebagai penggunaan teknologi digital oleh PR dengan tujuan untuk meningkatkan kepeduliandan reputasi perusahaan melalui saluran media digital.

Burhan Abe, editor in chief Male Indonesia dalam kesempatannya pada acara “Content Every Think Two Sides of The Same Coin: Content Marketing & Digital PR” yang dinisiasi oleh Perum Produksi Film Negara (PFN) mengatakan bahwa terbentuknya era content marketing dan digital PR dipengaruhi oleh adanya internet yang memungkinkan kecepatan distribusi informasi, mampu memperluas jangkauan sebaran, dan memfasilitasi interaksi serta kolaborasi. Sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut telah mengubah pola pikirsemua orang termasuk dunia marketing dan public relation.

“Salah satu perubahaan tentu terletak pada penghitungan nilai PR zaman dulu dengan PR digital sekarang. Jika dulunya penghitungan nilai PR dihitung dari seberapa banyak koran serta majalah dalam menyebarkan berita perusahaan, sekarang di era digital ini penghitungan tentu jauh lebih akurat dan dapat dimonitor dengan mudah, contohnya menggunakan Google Analytics,” papar Burhan pada acara tersebut.

Acara Content Every Think merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh PFN. Acara ini dibagi ke dalam berbagai rangkaian acara dengan menghadirkan pembicara-pembicara ahli di bidang kreatif.

Salah satu peserta Content Every Think, Alam, dari PT Pal Indonesia mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Baginya, acara Content Every Think sangat bagus bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk melek terhadap dunia kreatif.

“Acara ini sangat menarik dan sangat berguna bagi para millenial di BUMN maupun perusahaan lain untuk memahami pentingnya digital marketing serta digital PR” ujar Alam.

“Melalui event ini, semoga PFN bisa lebih maju lagi. Saya juga berharap cakupan Content Every Think akan lebih luas lagi serta bisa menyelenggarakan acara dengan seribu peserta dan menghadirkan pembicara berkelas internasional” sambung Alam mengenai harapannya terhadap acara Content Every Think.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *